Oleh: Siti Nurhayati | 16 Juni 2010

Cara Mengusir Kaki yang Sakit dan Capek

Cara Mengusir Kaki yang Sakit dan Capek

rendam kaki

Berjalan kaki seharian atau menggunakan sepatu berhak tinggi untuk jangka waktu lama sering membuat sakit dan capek pada kaki. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa sakit di kaki.

Pekerja seperti pramuniaga atau pelayan harus menghabiskan waktu berjam-jam berdiri dan menggunakan sepetu hak tinggi yang bikin kaki terasa sakit dan pegal disekitar betis. Tapi sebenarnya masalah ini bisa menimpa siapa saja dan sudah menjadi penyakit yang umum terjadi.

Kaki yang sakit membuat seseorang sulit untuk beraktivitas dan juga mengganggu waktu istirahatnya di malam hari. Padahal di satu sisi tubuh membutuhkan istirahat karena sudah terlalu lelah beraktivitas seharian.

Tidak ada salahnya mencoba beberapa langkah berikut ini agar bisa terbebas dari rasa sakit di kaki, seperti dikutip dari eHow, Kamis (19/11/2009), yaitu:

1. Tukarlah sepatu yang biasa Anda gunakan. Setiap jenis sepatu memberikan penyokong kaki yang berbeda-beda, lengkungan dan bentuk sepatu yang tepat bisa mengurangi rasa sakit pada kaki jika digunakan dalam waktu yang lama.

2. Angkat kaki Anda ke atas untuk menghilangkan tekanan yang ada. Dengan mengangkat kaki setinggi 3 sampai 4 inci (7 sampai 10 cm) dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan sakit di kaki. Anda bisa melakukan ini di kasur sambil tidur.

3. Rendam kaki dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam. Air hangat yang bercampur dengan garam bisa membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks. Jika ingin benar-benar membuat kaki rileks bisa juga ditambahkan daun pepermint beberapa lembar.

4. Pijat telapak kaki untuk menghilangkan rasa lelah. Sebaiknya pemijatan difokuskan pada bagian yang paling sakit agar manfaat dari pijat itu sendiri benar-benar maksimal. Pemijatan ini bisa menggunakan minyak esensial atau pelembab kulit.

5. Gunakan kaus kaki yang terbuat dari katun. Setelah Anda melakukan beberapa langkah tersebut, gunakanlah kaus kaki yang lembut selama Anda tidur dan saat bangun nanti rasa lelah tersebut akan hilang dan kaki menjadi lebih lembut serta terbe
semoga bermanfaat wassalam ,smaslah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: