Oleh: Siti Nurhayati | 4 Agustus 2011

Jenis Sepatu dan Plus Minus Bagi Kesehatan Kaki


Sepatu merupakan salah satu aksesoris yang bisa memperindah penampilan. Tapi sayangnya tidak semua sepatu baik untuk kesehatan kaki, beberapa sepatu justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan kaki.

Beberapa ahli percaya bahwa mengenakan sepatu merupakan hal yang tidak sehat karena bisa mengubah cara jalan seseorang. Hal ini karena kaki manusia lebih cocok berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Tapi karena manusia hidup di masyarakat yang menggunakan pakaian lengkap, maka berjalan tanpa alas kaki akan terasa janggal.

Untuk itu seseorang harus membuat pilihan yang tepat dalam memilih sepatu demi kenyamanan. Berikut ini adalah sepatu yang berdampak buruk bagi kesehatan kaki, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (4/8/2011) yaitu:

Sepatu bertumit tinggi (high heels)
Sepatu jenis ini menempatkan kaki pada posisi plantarflexed (kaki menunjuk ke bawah) yang membuat berat tubuh bertumpu pada bola kaki, sehingga menyebabkan postur tubuh berubah serta tekanan pada lutut dan pinggul.

Sementara itu peningkatan tekanan pada bola kaki bisa memicu kondisi metatarsalgia, yaitu nyeri akut pada bola kaki yang bisa menjadi kronis. Serta posisi adanya kontraksi dari achilles tendon pada pergelangan kaki yang memicu Achilles tendonitis.

Sandal jepit
Sandal jepit mungkin alas kaki yang paling nyaman. Tapi tanpa disadari saat menggunakan sandal jepit, jari kaki yang menjepit akan menempatkan ketegangan pada jaringan ikat sehingga memicu nyeri pada lengkungan kaki (plantar fasciitis), radang achilles tendon, peradangan pada jaringan ikat antara tulang tumit dan jari kaki.

Para ahli menyarankan penggunaan sandal jepit hanya dalam waktu singkat dan bukan untuk berjalan sehari-hari. Jika ingin digunakan dalam jangka waktu panjang, maka gunakan sandal yang memiliki tali di bagian belakang yang membantu menjaga kaki.

Sepatu balet
Sepatu balet memang tidak membuat tumit menjadi tinggi atau memberikan tekanan lebih ke jari-jari kaki. Tapi sepatu ini bisa memberikan masalah sendiri bagi kaki, karena umumnya ia memiliki bantalan dan dukungan yang kurang. Kondisi ini meningkatkan risiko plantar fasciitis, tendonitis dan shin splints.

Meski sepatu ini terbilang nyaman tapi tidak harus dipakai setiap hari. Usahakan pilih sepatu yang memiliki sol dan dukungan yang baik untuk tumit, jika memiliki kaki datar maka pilih sepatu dengan dukungan lengkungan yang baik.

semoga bermanfaat
sumber detik.com


Responses

  1. […] kasih semoga bermanfaat Baca juga yang lain disini 3.597016 98.630451 Like this:SukaBe the first to like this […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: